Beranda » Berita » Pemeliharaan Telah Rampung, Jemaah Sudah Bisa Sentuh Kabah

Pagar penutup Ka’bah pasca pemeliharaan selesai, Jumat (15/12/2023). Foto: Haramain via X @HaramainInfo

ZULINDO.ID – Upaya pemeliharaan berkala Ka’bah telah selesai. Pagar yang sebelumnya mengelilingi area Ka’bah hingga Hijr Ismail kini dibongkar.

Pembongkaran pagar penutup Ka’bah ini dilakukan usai salat Jumat (15/12/2023), lapor media yang berbasis di Makkah, Inside the Haramain (Haramain Sharifain), melalui media sosial X @insharifain.

Dengan dibukanya penutup tersebut jemaah diharapkan sudah bisa untuk menyentuh Ka’bah dan mencium hajar aswad.

“Pemeliharaan berkala Ka’bah telah selesai dan akses untuk publik akan dipulihkan hari ini juga,” tulis Haramain dalam unggahannya seperti dikutip, Minggu (17/12/2023).

Dalam video yang turut dibagikan Inside the Haramain dan akun X @HaramainInfo tampak petugas menggotong pagar penutup Ka’bah keluar dari area yang biasa digunakan untuk tawaf.

Jemaah terlihat mengelilingi area Ka’bah di luar pagar pembatas yang sebelumnya terpasang. Belum ada laporan resmi dari Kerajaan Arab Saudi terkait selesainya pemeliharaan Ka’bah ini.

Diberitakan sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi melakukan pemeliharaan berkala Ka’bah mulai 9 Desember 2023 lalu. Petugas memasang pagar penutup Ka’bah di sekeliling konstruksi yang membuat jemaah tidak bisa menyentuh Ka’bah dan melihat atau mencium Hajar Aswad.

Tampak pagar tinggi berwarna putih dengan lis hijau mengelilingi Ka’bah. Meski demikian, jemaah masih bisa melakukan tawaf dan ibadah lainnya termasuk salat atau berdoa.

Pemeliharaan berkala Ka’bah dilakukan dalam rangka merawat dan memuliakan Ka’bah, menjamin kesuciannya, dan menjaga seluruh elemennya agar kondisinya tetap optimal. Pekerjaan ini berada di bawah pengawasan Departemen Manajemen Proyek Kementerian Keuangan Saudi dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintah lainnya, lapor kantor berita Saudi, SPA.

Pemeliharan dilakukan dengan teknik canggih dan bahan berkualitas tinggi untuk merawat Kiswah atau kain hitam yang menutupi Ka’bah Suci. Pekerjaan pemeliharaan berkala Ka’bah juga merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintahan Raja Salman di bawah bimbingan dan tindak lanjut Putra Mahkota dan Perdana Menteri Mohammed Bin Salman untuk merawat Rumah Suci Allah dan senantiasa menjaga, mengagungkan, dan menjaga seluruh elemen Ka’bah agar tetap dalam kondisi terbaiknya.

Adapun peran Kantor Pengelola Proyek Kementerian Keuangan mengawasi tindak lanjut kemajuan pekerjaan dengan partisipasi kelompok elit pekerja yang mengerjakan proyek Penjaga Dua Masjid Suci untuk perluasan Masjidil Haram.

Kantor ini juga memperhatikan detail terkecil alur kerja, karena menggunakan teknologi terbaru sesuai dengan spesifikasi dan standar internasional terbaik dalam penerapan arahan kepemimpinan Saudi yang bijaksana.

Patut dicatat bahwa kantor tersebut sejak didirikan pada tahun 1438 H telah mengawasi proyek Penjaga Dua Masjid Suci untuk memperluas Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Proyek-proyek tersebut juga mencakup perluasan Masjidil Haram secara besar-besaran di Saudi, dan proyek untuk meningkatkan kapasitas Mataf (area mengelilingi), serta perluasan ketiga di Saudi untuk Masjid Nabawi, alun-alunnya, dan komponen-komponen terkait.

Kantor tersebut telah melakukan pengawasan terhadap pekerjaan pemeliharaan berkala unsur-unsur Ka’bah sebelumnya yang dilaksanakan pada bulan Syawal 1440 H dan Dzulhijjah 1442 H. (*)/Fjr

Sumber: Himpuhnews

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.