Beranda » Haji » Waspada Suhu Saat Musim Haji Capai 53 Derajat Celsius

Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusup Singka mengatakan, saat ini cuaca di Arab Saudi sangat panas. Bahkan, suhu mencapai 53 derajat Celsius. Suhu ini, dapat membahayakan para jemaah haji jika tidak diantisipasi dengan baik.
by : liputan6.com

Suhu yang panas di Saudi, kata dia, bisa membahayakan jemaah terutama dari Indonesia yang terbiasa dengan suhu tropis yang lebih rendah dari kawasan Timur Tengah.

“Rerata suhu di Tanah Suci pada musim haji nanti berkisar 53 derajat Celsius. Tingkat cuaca itu beresiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti ‘heatstroke,” kata Eka saat ditemui di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu, 27 Mei 2018.

Eka mengatakan, pihaknya juga akan menyediakan 20 ribu pasang sandal untuk jemaah haji Indonesia. Hal ini agar jemaah terhindar dari kaki melepuh karena terpapar permukaan tanah yang panas.

“Biasanya mereka sandalnya ketinggalan. Bahaya, kakinya bisa terbakar,” kata Eka.

Dengan suhu yang tinggi itu, kata dia, bisa membuat permukaan tanah dan pasir di Saudi tergolong panas dan bisa membahayakan kulit kaki jemaah bila tidak mengenakan sandal. Demikian dilansir dari Antara.

Eka mengatakan petugas haji nantinya juga akan membagikan beberapa perlengkapan pelindung selain sandal agar jemaah dapat terlindung dari cuaca panas, seperti payung, masker dan penyemprot air.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.